Tips Cara Merawat Komputer Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

Perawatan Komputer Supaya tidak Cepat Rusak, Tentu para konsumen memiliki keinginan yang sama mengenai kualitas dari komputer yang dimiliki agar punya kulitas yang prima serta tidak mudah rusak, tentu hal ini bagaimana gaya menggunaan dari konsumen itu sendiri tentang kualitas keawetannya, mungkin sampai batas waktu meebihi 24 jam.

Advertisement

Namun ada trik biar kualitas komputer yang dimiki dapat awet serta tidak mudah rusak dalam jangka pendek, hingga dapat digunakan lama tanpa megurangi pengaruh akses sistem dari dalam computer, triknya adalah seperti di bawah ini :

cara merawat komputer supaya awet dan tidak cepat rusak

  1. Bersihkan CPU secara berkala

Komponen elektronik yang terdapat didalam CPU perlu bersh agar pergerakannya bisa berjalan dengan baik, seperti halnya pada kipas sebagai pengatur suhu tentu harus bersih dari kotornya debu agar stabil, minimal pembersihan dilakukan dalam kurun waktu 6 bulan sekali, serta pada komponen yang lain juga terutama motherboard, lakukan pembersihan menggunakan kuas yang lembut supaya tidak merusak bentuk dari komponen.

  1. Gunakan internet saat suhu normal

Maksudnya apabila komputer digunakan dalam keadaan suhu musim hujan,tentu koneksi internet semakin melambat, yang di takutkan bila hujan sangat lebat disertai banyak gemuruh petir mungkin saja bisa jadi jaringan komputer sapai tersambar oleh petir hingga komputer dapat meledak.

  1. Aktifkan Sistem Restore Komputer

Menggunakan Sistem Restore mempunyai manfaat juga dalam menjaga keawetan dalam komponen komputer, adapun caranya adalah arahkan pointer mouse lalu click kanan di bagian icon my desktop komputer, berikutnya click properties Tab Sistem Restore kemudian ke tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, selanjutnya menghilangkan sinyal centang yang terletak kiri tulisan itu.

  1. Saat Melakukan Turn Off Sesuai Prosedur

Apabila pekerjaan yang dilakukan mengggunakan computer sudah selesai di kerjakan, tentu kemungkinan komputer akan di lakukan Turn Off, namun perlu di perhatikan melakukannya jangan asal sembarang, misalnya dengan langsung mencabut stop-kontak hal itu kurang baik terhadap arus listrik yang masuk-keluar, oleh karena itu lebih baik laukan dengan shut down saja pada software dalam komputer. Sekedar catatan bila tiba-tiba listrik padam maka langsung restart ulang demi minimalisir agar sistem komputer tidak begitu lemah

  1. Uninstal Software Yang Tidak digunakan

Karena ruang pada hadrdisk juga mempunyai batas ruang penyimpanan, maka dari itu lebih baik bila ada software yang sama sekali tidak digunakan lebih baik di uninstal saja agar ruang harddisk tidak terlalu membebani pada geraknya system, mungkin bila harddisk dipaksanan penuh press sesuai ukuran akan berakibat pada loading lama dalam sistem komputernya.

  1. Perhatikan Ventilasi & Pendingin Komputer

Ventilasi juga punya pengaruh signifikan bagi keberlangsungan awet atau tidaknya komponen dari computer tersebut, sebab bila sirkulari udara dari ventilasi kurang baik kemungkinan arus panas kurang terkontrol dengan baik, karena dari suplai energinya saja dari panas listrik, alangkan dipasang saja alat semacam cooling pad pada laptop atau di komputer PC disebut cooling fan ekstra didalam CPU.

  1. Memakai Kabel Ground

Sebenarnya fungsi dari Kabel Ground hanya sebagai penetralsir aliran listrik saja, agar listrik yang masuk pada komputer terlalu berlebih, caranya seperti ini : Ambil kaber panjang di kira-kira saja, ujungnya dikaitkan dengan tubuh CPU (pada casing) sedang ujung sebelahnya ditanam pada tanah. ini dimaksudkan guna menetralisir arus listrik untuk mengawetkan komponen elektronik pada komputer.

Baca artikel kami lainnya seperti 9 Aplikasi Untuk Merubah Tampilan Windows 7 Lebih Keren dan juga Kumpulan Gambar DP BBM PERSIB Juara dan Kata-Kata Lucu. Terus kunjungi dan pantau website kami, agar anda tidak tertinggal informasi terkini seputar dunia teknologi, terima kasih dan semoga bermanfaat sobat.

Tips Cara Merawat Komputer Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak | jaen | 4.5